Puisi Tentang Alam

Puisi Tentang Alam - Halo pembaca Karya Berbahasa! Kali ini masih mengenai puisi yang dibuat oleh siswa kelas tujuh SMP IT Arraihan. Tema puisi-puisi berikut masih sama, aitu keindahan alam. Beberapa diantaranya mengambil judul Bulan dan atau Matahari, karena mereka merasa bersukur dengan adanya bulan dan matahari yang menerangi Bumi baik pagi dan malam secara bergantian. Tapi beberapa pula ada yang menuliskan mengenai hujan. Jadi, untuk lebih lengkapna, silakan di simak ya!

HUJAN
Karya SULAIMAN ALAUDIN S.

Oh hujan...
Kau membasahi Bumi
dengan air yang jernih dan bersih
Kau membuat makhluk di bumi dapat bertahan hidup
Membuat bumi tidak kekeringan dengan air mu
Terimakasih Tuhan,
Engkau telah menciptakan hujan
untuk seluruh ciptaanmu
Hujan merupakan rahmat yang berarti
Terimakasih hujan


BINTANG* 
Karya Dzikri Dian A.

Engkau yang memperindah malam
muncul beribu-ribu dengan sangat rupawan
langit yang biru dan terang
bercahaya karena engkau yang kecil

Oh Bintang...

Puisi Tentang Alam
Puisi Tentang Alam


BULAN* 
Karya Erlin Febrianti

Bulan, menyinari bumi pada saat malam hari.
menyinari setiap malam;
dari sore hari hingga pagi
Sehingga malam kami tidak gelap;
karena cahayamu
Terima kasih bulan,
menyinari kami setiap malam.


POHON*
Karya Abdul Hamid
Tanpa kau dunia ini akan hancur
kau menyerap air yang ada di sekitarmu
dan
jika tidak ada kau kita sudah terbenam air
Pohon.
Sifatmu yang sangat mulia;
warnamu indah;
bisa membuat kami hidup karena buahmu
Terima kasih pohon.



Matahariku*
Karya Muhammad Iqbal
Bila tidak ada; kita tidak bisa
menjemur pakaian, menjemur makan,
dan bumi terasa gelap
Bila tidak ada matahari
Bumi pun tidak akan pernah menjumpai hujan.

Bila ada matahari kita bisa:
menjemur pakain, menjemur makan,
dan matahari akan membawa hujan.
                            
               

Beberapa puisi tersebut yang diberi tanda (*) berarti telah melalui editing (pengubaan seperlunya) sehingga dirasa lebih menarik dari sebelumnya. Nah bagaimana menurut Anda, puisi-puisi ini menarik bukan? Siswa-siwa Arraihan, selain mulai belajar menulis puisi, juga akan belajar menulis cerpen. Silakan menunggu hasil karya berbahasa selanjutnya.

Comments

  1. Menurut saya puisi yang Sulaiman buat sudah baik,dan kata katanya sudah cukup bagus.

    ReplyDelete
  2. Menurut saya,puisi Dzikri sudah bagus dan kata-katanya sudah bagus ada juganama saya :v :).........Good Luck ! Dzikri

    ReplyDelete
  3. menurut saya puisi MUHAMMAD IQBAL sudah bagus tetapi pilihan katannya sulit dimengerti

    ReplyDelete
  4. Puisi karya M.Iqbal. Menurut Saya puisi karya M.Iqbal cukup bagus, hanya saja pemilihan katanya kurang baik . Mungkin akan lebih baik jika pemilihan katanya benar dan ditambah dengan citraan puisi yg memperindah puisi tersebut.

    ReplyDelete
  5. menurut saya,puisi Dzikri yang berjudul bintang sudah cukup bagus dan menarik untuk dibaca tetapi alangkah lebih baik lagi bahasanya lebih baku.

    ReplyDelete
  6. Menurut saya,puisi MUHAMMAD IQBAL sudah bagus tetapi pilihan katannya sulit dimengerti

    ReplyDelete
  7. Menurut saya puisi Muhammad Iqbal sudah cukup bagus tetapi kalimat nya sulit untuk di megerti

    ReplyDelete
  8. Menurut saya puisi Muhammad Iqbal sudah cukup bagus tetapi kalimat nya sulit untuk di megerti

    ReplyDelete
  9. Menurut saya,puisi Dzikri yang berjudul bintang sudah cukup bagus tetapi bahasanya kurang baku.Saran saya, agar Dzikri memerhatikan bahasa dan tulisan nya ya... semangaat!! Dzikri

    ReplyDelete
  10. Menurut saya,puisi SULAIMAN ALAUDIN sangat bagus dan bahasannya mudah dimengerti.

    ReplyDelete
  11. Menurut saya, puisi yang berjudul "Matahariku" milik Iqbal sudah bagus, mungkin lebih baik jika menggunakan pilihan kata yang lebih banyak lagi.

    ReplyDelete
  12. Menurut saya puisi karya Sulaiman Alaudin yang berjudul" HUJAN" sudah bagus dan kata-katanya bisa di mengerti

    ReplyDelete
  13. Menurut saya,puisi milik DZIKRI DIAN sudah bagus dan pilihan katannya sudah tepat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Puisi Hari Ulang Tahun Guru

Contoh Teks Hasil Observasi

Puisi Alysa Astry Djayanti