Puisi Hari Ulang Tahun Guru

Puisi Hari Ulang Tahun Guru - Dalam rangka memperingati hari guru pada 25 November 2015, siswa dan siswi Arraihan Islamic High School (Baca juga: Menjadi Guru Adalah Kehormatan) menulis puisi dan surat bagi guru sebagai tanda terima kasih atas bimbingan dan motivasi yang diberikan oleh guru. Silakan menyimak hasil karya berbahasa siswa Arraihan Islamic High School berikut ini.


Cinta dan Jasa

Disetiap langkah menuju kesuksesan
Disetiap langkah menuju kemenangan
Disetiap proses meraih cita-cita
Selalu terngiang jasa seorang guru

Jasanya yang tak terbalaskan;
dengan tulus ia berikan
Jasanya yang semakin besar;
dengan sabar ia jabarkan

Setiap tetesan cucuran keringat
Tersimpan penat dan harapan
Dan setiapjasa yang kami rasakan
Memancarkan besarnya cinta seorang guru
Adilla Salsabila
Imam Ahmad 2015—2016

Pembina Nyata
Dalam heningnya malam
Dalam kerasnya gonggongan
Engkaulah pembina alam
Mengajari kami bertahan

Tanpamu awan pun enggan
Tiada arah tiada tujuan
Tanpamu hutan berantakan
Tiada tata bahkan berserakan

Wahai pembina,
Terimalah maaf segala khilafku
Engkau pemandu jalanku
Penuh kasih tanpa ragu

Terima kasihku untukmu
Imam Bukhori
Class of 2015—2016

Pahlawan Pendidikan
Jika dunia kami yang dulu kosong
Tak pernah kau isi
Mungkin hanya ada warna hampa; gelap
Tak bisa apa-apa,
Ataupun kemana-mana
    Tapi kini dunia kami penuh warna
    Dengan goresan garis juga kata
    Yang dulu hanya mimpi
    Dan itu karena kau yang mengajari
Tentang mana warna yang indah
Tentang garis yang harus dilukiskan
Juga tentang kata yang harus dibaca
Terima kasih guru dari hatiku
Untuk semua pejuang pendidikan
    Terkenang selalu jasamu di lubuk hati
Nurul Fadhila
Ali bin Abi Thalib 2015—2016
Puisi Hari Ulang Tahun Guru
Puisi Hari Ulang Tahun Guru

Charity Hero
Engkau, pahlawan tanpa tanda jasa
Yang mengajari kami dari awal hingga saat ini
Yang mengajari kami mengeja sampai lancar
Dari tidak tahu menjadi tahu
Dari tidak mengerti sampai mengerti
Dari ahlak buruk sampai menjadi baik
Bisa membedakan yang benar dan salah
Bisa saling menghargai dan menghormati,
Semua atas bimbingan kalian
    Pahlawan tanpa tanda jasa
    Yang selalu diuji amarahnya
    Yang bercita-cita menyukseskan murid
    Semua itu adalah pengorbanan yang besar
Maaf, jika selama ini kami membuat ulah
Maaf, jika sampai saat ini kami belum bisa membalasnya
    Semua perjuangan kalian tak kan sia-sia
    Dan pahala kalian takkan berhenti sampai hari akhir
Thanks my teacher, you’re my charity hero.
Zaharani Putri Ramadhani
Abu Bakar A.S. 2015—2016

Satu Kalimat untuk Guruku
Kau mengajariku berbagai ilmu
Tuk menjadikanku orang yang b erilmu

Kau mengajariku bagai pandai besi
membuat pedang
dipukul;
dipanaskan;
berulang-ulang
sampai menjadi pedang berkualitas

Pernahku membantah
Berlaku apa yang kusuka
Hingga satu tetes air mata sebabku

Tiap hari kuberharap dapat mengucap
Maafkan aku guruku.
Rahandito Achmad Zulfi Umar bin Khattab 2015—2016

Pahlawan Pembuka Masa Depan
Setiap hari kau ajarkanku
Dengan ilmu yang berguna bagi hidupku
Kau ajarkanku kata yang indah
Nan berguna untuk masa depanku

Kulihat dari wajahmu
Yang terasa lelah saat mengajar
Namun semua lelahmu
Kau tutupi dengan senyum indah

Terkadang, aku melawanmu dengan kata-kata
Tetapi engkau tidak mempermasalahkan itu
Aku terkadang menyesal dengan perbuatanku
Maafkan guru atas kesalahanku

Lihat, lihat, dan dengarkan puisi ini
Aku ingin membanggakanmu
Aku akan slalu mengingatmu

Ku tak tahu harus membalas jasamu;
dengan apa apa yang membuatmu senang,
Aku hanya bisamengucap terima kasih padamu
Alghanyyu Racha Sabrina Utsman bin Affan 2015—2016

Nah, demikianlah beberapa puisi pilihan dari kumpulan puisi Hari Ulang Tahun Guru tahun 2015 yang ditulis oleh beberapa siswa Arraihan Islamic High School. Semoga puisi ini menghibur hati para guru dan kalian semua pembaca Karya Berbahasa.

Comments

  1. Menurut saya, puisi berjudul "Cinta dan Jasa" milik kak Adilla Salsabila sangat bagus. Bahkan membuat saya terhanyut dalam puisi ciptaannya ^^

    ReplyDelete
  2. Menurut saya, puisi yang berjudul "Pembina yang Nyata" sudah bagus dan juga mengingatkan saya kepada guru guru saya yang telah mengajarkan saya dari dulu hingga sekarang.

    ReplyDelete
  3. Menurut saya, puisi berjudul "Cinta dan Jasa" milik kakak Adilla Salsabila sangat bagus. Membuat saya terharu membacanya :)......

    ReplyDelete
  4. menurut saya puisi milik Addila sangat baik karena pilihan katanya indah

    ReplyDelete
  5. Menurut saya, puisi yang berjudul "Pahlawan Pembuka Masa Depan" milik Racha sangat menyentuh sekali. Karena sudah menggunakan pilihan kata yang tepat dan makna nya sangat mendalam :)

    ReplyDelete
  6. Menurut saya, puisi karya Zaharani sangat bagus dan memiliki arti mendalam

    ReplyDelete
  7. Menurut saya, puisi dari Zaharani Putri yang berjudul Charity Hero sangat bagus dan menarik. Dan membuat saya tersentuh saat membacanya.

    ReplyDelete
  8. Menurut saya, puisi karya Zaharani Putri yang berjudul "Charity Hero" sangat bagus dan menarik, selain itu pemilihan katanya juga sangat baik.

    ReplyDelete
  9. Menurut saya bagusan yang"puisi hari ulang tahun guru"soalnya Bagus banget guruku sampai terharu saat dia sedang membaca

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Teks Hasil Observasi

Puisi Alysa Astry Djayanti