Contoh Teks Hasil Observasi

Contoh Teks Hasil Observasi - Teks Hasil Observasi adalah teks hasil pengamatan terhadap sebuah objek/benda. Teks hasil observasi adalah salah satu materi kelas VII berbasis teks yang terdapat di dalam Kurikulum 13 yang saat ini sudah banyak sekolah menerapkannya.
Contoh Teks Hasil Observasi
Contoh Teks Hasil Observasi

Teks hasil observasi dilakukan dengan tahap-tahap berikut:
  1. mengamati objek/benda,
  2. mendapatkan informasi mengenai objek/benda yang diamati,
  3. membagi informasi yang didapat menjadi dua bagian : a) umum, dan b) spesifik,
  4. menyusun informasi yang di dapat menjadi sebuah teks.
Struktur Tesk Hasil Observasi adalah:
  • Definisi Umum
  • Deskripsi Bagian
  • Deskripsi Manfaat
Adapun contoh teks hasil observasi dengan judul Teratai, seperti berikut: (1) Teratai adalah jenis tanaman air dari jenis Nymphaeaceae. Di dalam dalam bahasa Inggris disebut sebagai waterlily. (2) Teratai tumbuh di permukaan air yang berlumpur. Bunga dan daunnya  berada di  permukaan air dengan tinggi 70-200 cm dan berdiameter 15-25 cm, memiliki benang sari yang banyak dan kepala sari berwarna kuning. Bunga teratai berbentuk oval atau bundar  memiliki variasi warna, antara lain putih, merah muda, dan kuning. Bunga teratai memiliki bau yang harum. (3) Meski mekar dengan singkat, bunga teratai dapat dijadikan sumber obat maupun makanan. Sebagai obat, teratai dapat mengatasi disentri, demam, muntah, batuk berdarah, keputihan, insomnia, mimisan, dan anemia. Sebagai makanan, bunga teratai mengandung biji yang dapat digunakan sebagai sumber karbohidrat vitamin C, protein, lemak, asam amino dan asam esensial lengkap.

Dari contoh teks hasil observasi di atas, bagian (1) adalah definisi umum tentang teratai, (2) adalah deskripsi bagian, termasuk di dalamnya, ciri-ciri, warna, sifat, dan jenisnya, (3) adalah bagian deskripsi manfaat teratai dalam kehidupan sehari-hari. Nah, mudah bukan menulis teks hasil observasi? Selamat belajar. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Puisi Hari Ulang Tahun Guru

Puisi Alysa Astry Djayanti