Contoh Puisi Balada dan Puisi Soneta: Daffa Husna

Contoh Puisi Balada dan Puisi Soneta: Daffa Husna  - Dua puisi berikut ini adalah karya siswi kelas VII Arraihan (2017) bernama Daffa Husna. Selain piawai mengerjakan soal Bahasa Indonesia, Daffa Husna juga pandai memilih kata untuk dituliskan dalam bentuk puisi. Berikut ini adalah contoh puisi balada dan puisi soneta yang dibuat oleh Daffa Husna untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Contoh Puisi Balada dan Puisi Soneta: Daffa Husna
Contoh Puisi Balada dan Puisi Soneta: Daffa Husna

Pohon 
Karya: Daffa Husna Jayanti 

Pohon
Kau pahlawan kehidupan
Indah bagaikan zamrud dibawah rembulan
Daun-daun yang bergoyang perlahan demi perlahan
Seakan menyapa pribumi yang ada
Menghiasi bumi yang hampa

Pohon
begitu banyak pengorbanan yang Kau korbankan
Daun yang Kau gugurkan
Bagaikan berlian yang berjatuhan
Betapa berharganya Kau dalam hidupku
BentukMu yang beraneka
Menghasilkan keindahan yang tiada tara

Maaf
Maafkan kami yang selalu mencelakaimu
Maafkan tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab

Oh pohon
Ku ingin Kau menghiasi alam ini
Hari ini, esok, dan seterusnya

Terimakasih
Buah, bunga, kayu yang Kau hasilkan
Sangatlah berarti bagiku
Terimakasih atas segala pengorbananmu.


Bintang Kelas
Karya: Daffa Husna Jayanti 

Semasa kecilku
Di sebuah kelas yang luas
Kududuk dibangku kecilku
Kubuka buku dari guruku
Kubaca sungguh-sungguh setiap malamnya
Kuperhatikan setiap kata dari guruku

Saat tiba suatu hari
Guruku memberikan secarik kertas kepadaku
Sebuah kertas yang membuatku puas dan bahagia
Kumendapatkan sorak-sorai dengan suka cita dari temanku
Menjadikanku bintang di kelas pertamaku.

Nah, bagaimana menurutmu kedua puisi yang dibuat oleh Daffa Hhusna Jayanti? Menarik bukan? Silakan tinggalkan komentar untuk penilaian atau sekadar saran untuk Daffa Husna menjadi lebih baik lagi dalam menulis puisi di kemudian hari. Selamat berpendapat. Jangan lupa gunakan pilihan kata yang sopan ya :)

Comments

  1. Menurut saya kedua puisi Daffa Husna Jayanti baik, karena ejaan dan penyajian katanya sudah sangat baik.

    ReplyDelete
  2. Menurut pendapat saya puisi yang di buat oleh Daffa Husna Jayanti baik, karena kata-kata nya sudah menggunakan kata kiasan dan bahasa yang di gunakan baku

    ReplyDelete
  3. menurut saya, puisi yang diciptakan oleh Daffa Husna sudah sangat baik, karena penggunaan kata katanya sudah pas

    ReplyDelete
  4. Menurut saya kedua puisi yang dibuat oleh Daffa Husna sudah sangat baik, karena pemilihan kata yang pas dan sudah bagus dalam merangkai kata kata.

    ReplyDelete
  5. Menurut saya puisi yang ditulis Daffa Husna sangat menarik, karena saya memiliki pengalaman yang sama tentang menjadi bintang kelas.

    ReplyDelete
  6. Menurut saya puisi karya Daffa Husna sudah baik, karena makna dari puisi tersebut sangat bagus.

    ReplyDelete
  7. Menurut saya kedua puisinya sudah baik dan ejaan sudah bagus

    ReplyDelete
  8. Menurut saya puisi Daffa Husna sudah sangat baik, karena ejaan kata dan penyampaiannya sudah sangat baik.

    ReplyDelete
  9. menurut saya puisi kedua puisinya sudah baik dan penyajian katanya sangat baik

    ReplyDelete
  10. Menurut saya kedua puisi Daffa Husna Jayanti sudah baik, karena ejaan katanya dan penyajiaannya sudah baik

    ReplyDelete
  11. Menurut saya, puisi karangan Daffa Husna sudah baik, karena tema yang dibuat dapat menarik untuk dibaca.

    ReplyDelete
  12. Menurut saya puisi Daffa Husna Jayanti sudah sangat baik, ejaan nya sudah baik dan puisinya sangat menarik.

    ReplyDelete
  13. Menurut saya puisi Daffa Husna Jayanti sudah sangat baik. Karena susunan dan pilihan kata nya sangat menarik dan mudah dimengerti.

    ReplyDelete
  14. Menurut saya puisi dari Daffa sudah baik, namun masih ada pilihan kata yang kurang tepat

    ReplyDelete
  15. Salsabila : Menurut saya, kedua puisi Daffa Husna baik, penyajian katanya juga sangat baik

    ReplyDelete
  16. Menurut saya puisi Daffa Husna sudah baik, karena memiliki makna yang bagus

    ReplyDelete
  17. Menurut saya kedua puisi Daffa sudah baik, Karena pemilihan kata nya sudah baik.

    ReplyDelete
  18. Menurut saya kedua puisi Daffa Husna Jayanti baik, karena pilihan kata nya sudah sangat baik.

    ReplyDelete
  19. Menurut saya kedua puisi Daffa Husna sangat baik, karena kedua puisi yang dibuat dafa sangat indah dan penyajian katanya sudah sangat baik.

    ReplyDelete
  20. Zaneta; Menurut saya kedua puisi Daffa Husna Jayanti cukup baik, karena kata yang dibuat sangat memuaskan.

    ReplyDelete
  21. Menurut saya kedua puisi Daffa Husna sangat baik, karena kedua puisi yang dibuat dafa sangat indah dan penyajian katanya sudah sangat baik.

    ReplyDelete
  22. Syabrina: Menurut saya kedua puisi Daffa Husna Jayanti sudah baik, karena susunan kalimat tersusun sangat rapih.

    ReplyDelete
  23. Ima Mabruroh: Menurut saya kedua puisi yang ditulis oleh Daffa Husna sudah baik, karena bahasa yang digunakan mudah dimengerti dan ejaan nya sudah tepat.

    ReplyDelete
  24. Nabila: Menurut saya kedua puisi Daffa Husna Jayanti baik, karena makna dari puisi Daffa sudah memuaskan.

    ReplyDelete
  25. Nabiila C:Puisi Daffa Husna Jayanti sudah bagus pemilihan katanya sudah baik sederhana dan mudah di mengerti

    ReplyDelete
  26. Menurut saya kedua puisi Daffa Husna Jayanti baik, karena penyajian katanya sudah baik dan dapat menyentuh hati. Selamat ya Daffa Husna Jayanti!

    ReplyDelete
  27. Ratu:menurut saya kedua puisi Daffa Husna Jayanti baik,karena penyajian katanya sudah baik.

    ReplyDelete
  28. Menurut saya kedua puisi Daffa Husna Jayanti baik, karena penyajian katanya sudah baik dan dapat menyentuh hati. Selamat ya Daffa Husna Jayanti!

    ReplyDelete
  29. Fajar: Menurut saya puisi Daffa Husna sudah baik karna pemilihan kata nya mudah di mengerti.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Puisi Hari Ulang Tahun Guru

Contoh Teks Hasil Observasi

Puisi Alysa Astry Djayanti